WNI di Inggris bersepeda keliling London

  • Bagikan
hut ri wni di inggris
Warga Indonesia di Inggris menyambut peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan RI dengan bersepeda keliling kota London, Minggu (15/8/2021). Duta Besar RI untuk Inggris Desra Percaya ikut berpartisipasi dalam kegiatan itu bersama WNI dari berbagai kota. ANTARA/HO-KBRI London.

Jakarta, 60menit.id – Warga negara Indonesia di Inggris menyambut peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan RI dengan mengadakan acara lomba bersepeda keliling kota London.

Puluhan peserta lomba menghiasi sepeda mereka dengan nuansa merah putih dan beberapa dari mereka memakai baju adat Nusantara, menurut keterangan KBRI London yang diterima di Jakarta, Senin.

“Sambil membudayakan hidup sehat dengan gowes, KBRI London adakan acara ini untuk mempromosikan keragaman Indonesia kepada publik di kota London,” kata Duta Besar RI untuk Inggris Desra Percaya yang turut mengayuh sepeda bersama warga Indonesia yang datang dari berbagai kota di Inggris pada Minggu (15/8).

Dubes Desra mengatakan bahwa rute bersepeda yang dipilih sengaja melalui tempat-tempat ikonik di London agar kehadiran warga Indonesia dirasakan oleh warga setempat.

Para peserta mulai bersepeda dari gedung KBRI London menuju ke Istana Buckingham dan Istana Kensington dengan titik akhir di Hyde Park, salah satu taman terbesar dan pusat rekreasi di London.

Kegiatan itu merupakan rangkaian dari acara peringatan HUT RI ke-76 yang dilaksanakan oleh KBRI London yang melibatkan partisipasi warga Indonesia di Inggris.

Rangkaian kegiatan peringatan dilaksanakan secara sederhana dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan standar kehati-hatian pandemi COVID-19.

“Warga Indonesia tetap dapat merasakan semangat mencintai tanah air dan rasa syukur. Yang terpenting warga turut serta mempromosikan keanekaragaman Indonesia kepada publik setempat,” ujar Desra.

Salah satu peserta lomba bersepeda, Dyah Adi Sriwahyuni, mahasiswa S3 Queen Mary University of London, menyampaikan bahwa acara bersepeda kali ini terasa istimewa.

“Beberapa kali saya ikut acara bersepeda bareng Pak Desra dan diaspora. Namun, kali ini lebih istimewa karena saya mesti gowes sambil pakai baju adat untuk memeriahkan peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76,” katanya.

“Semoga Indonesia makin tangguh, dan makin bertumbuh dalam menghadapi setiap tantangan zaman modern, tak terkecuali tantangan pandemi global COVID-19 dan perubahan iklim,” ucap Dyah.

Eko Kurniawan, salah satu warga Indonesia yang telah belasan tahun tinggal di Inggris, mengungkapkan keseruan mengikuti kegiatan bersepeda sehat untuk perayaan HUT RI ke-76.

“Sangat seru, sangat baik untuk kesehatan dan lingkungan serta membawa suasana bahagia, akrab dan guyub. Tradisi khas Indonesia yang selalu dirindukan para perantau Indonesia di London, terutama setelah diakhirinya pembatasan COVID-19,” ujar Eko.

Dia juga mengaku senang dapat mengenakan baju adat dan melihat kreativitas Indonesia diperkenalkan ke masyarakat London.

Selain kegiatan lomba bersepeda, KBRI London juga melaksanakan kegiatan kemasyarakatan yang bersifat virtual, yaitu lomba menyanyi lagu nasional, pantun dan menulis surat cinta untuk Indonesia.

Para pemenang lomba akan diumumkan setelah upacara bendera pada 17 Agustus 2021 yang akan disiarkan secara langsung di akun media sosial KBRI London.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *